Minggu, 04 Januari 2015

Seminar Parenting (Be Smart Parents, Raise Brilliant Children!)

FUSI (Forum Ukhuwah dan Studi Islam) Fakultas Psikologi UI kali ini mempunyai serangkaian acara spesial yang berpuncak pada tanggal 20-21 Desember 2014 yakni PAGII 2014 (Psikologi Bicara Generasi Masa Kini untuk Nanti). Rangkaian acara tersebut dari Seminar Parenting dan Workshop Womanpreuneur pada tanggal 20 Desember 2014 serta Lomba Esai mengenai psikologi Islam yang dimulai dari November 2014 dan mencapai puncaknya pada 21 Desember 2014.
Penulis kali ini menghadiri salah satu rangkaian acara saja yakni Seminar Parenting yang bertempat di Auditorium Gedung H Fakultas Psikologi UI. Seminar ini mempunyai tema ‘Be Smart Parents, Raise Brilliant Children!’ dengan menghadirkan 2 orang pembicara yakni Ustadz Budi Darmawan dan Mommy Balqis. Adapun pesertanya terbuka bagi mahasiswa UI dan umum.
Seminar ini diadakan sebagai bentuk kontribusi Fakultas Psikologi UI bagi perkembangan psikologi Islam di Indonesia. Pasalnya, psikologi adalah ilmu yang lahir dan berkembang di dunia barat sehingga sedikit sekali referensi maupun teori-teori yang sesuai dengan ajaran Islam. Salah satu aspek penting yakni pola asuh orang tua terhadap anak dari sudut pandang Islam.

Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh 2 orang mahasiswa dari Fakultas Psikologi UI, dilanjutkan dengan pembukaan dari Ketua Pelaksana PAGII 2014 (Madasaina Putri), Ketua Umum FUSI (Gesang Ridho Subhan), Perwakilan Fakultas Psikologi UI (Gagan, S.Psi, M.Psi). Kemudian masuk pada acara inti dengan Salsabila Mayangsari sebagai moderator seminar ini.


Ustadz Budi Darmawan (kiri), Mommy Balqis (tengah), dan Salsabila Mayangsari (kanan) sebagai moderator.
Pembicara pertama adalah Ustadz Budi Darmawan, S.Psi, yang juga sebagai mantan suami Almh. Yoyoh Yusroh. Dalam materinya ia menyampaikan bagaimana pola asuh yang baik untuk mencetak anak yang soleh dan solehah disebut sebagai Generasi Qurani. Ia memberikan 5 aspek mendidik anak dalam Islam yang terdiri dari Al-Qudwah (keteladanan), Al-‘Aadah (pembiasaan), Al-Mulahazhoh (pengawasan), An-Nashihah (nasehat), Al-‘Uquubah (hukuman). Kelima aspek tersebut harus diterapkan secara berurut karena berpengaruh terhadap karakter anak. Ia telah menerapkan pola asuh yang baik terhadap anak-anaknya terbukti dengan ke-13 anaknya menjadi hafidz dan hafidzah Al-Quran juga berprestasi di bidang akademis lainnya.
Pembicara yang kedua adalah Mommy Balqis, seorang entrepreneur yang merintis usaha bersama suaminya dengan mendirikan sebuah lembaga pendidikan. Ia dikenal melalui akun twitternya @babyhijabertwit, di sosial medialah ia berbagi info mengenai bagaimana pola asuh yang baik bagi anak-anak juga berdakwah mengajak para muslimah untuk berhijab syar’i. Mommy Balqis berpendapat bahwa pada dasarnya setiap anak terlahir cerdas pada bidangnya masing-masing, oleh karena itu para orang tua harus mengenal dan memahami potensi anak agar ia dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Ia juga berbagi bagaimana caranya membagi waktu antara karir dan keluarga terutama quality time bersama anak-anak, bagaimana membangun komunikasi yang baik antara orang tua dan anak juga berbagai tipe pola asuh orang tua terhadap anak.
Setelah seminar selesai, acara diserahkan kembali kepada MC dan diisi dengan game juga doorprize, lalu ditutup dengan lagu Yang Terbaik Bagimu - Ada Band yang dibawakan oleh salah satu anggota FUSI angkatan 2014. Secara umum seluruh rangkaian acara Seminar Parenting ini berjalan lancar.


Oleh : Rissa S Mulyana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar