Sabtu, 03 Januari 2015

#Selfie bersama Hijab Alila


Pada hari Minggu, 14 Desember 2014 lalu, Hijab Alila mengadakan sebuah event yang bertema ‘Sebaik-baik Selfie adalah Muhasabah Diri’. Acara ini berjenis talkshow dan mengambil lokasi di Gedung SMESCO UKM yang beralamat di Jalan Jendral Gatot Subroto Kav. 94 Jakarta, menghadirkan para pembicara terkemuka yakni Ustadz Felix Siauw, Yulia Rahman, Sarah Vi, Nuri Maulida dan Lyra Virna.
Brosur event #Selfie bersama Hijab Alila
Menurut agenda yang terpampang di brosur event tersebut, maka pukul 08.00 WIB seharusnya acara sudah dimulai. Namun entah ada alasan apa, acara tersebut baru dimulai pukul 09.00 WIB, terlambat 1 jam setelah sebelumnya sempat ada kejadian berdesak-desakan untuk memasuki auditorium tempat berlangsungnya acara karena para peserta berebut tempat duduk yang terdepan. Walaupun begitu, para peserta talkshow yang seluruhnya adalah muslimah tetap antusias menantikan para pembicara yang hadir.
Dipimpin oleh moderator, acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran. Setelah itu dihadirkanlan pembicara pertama yakni Sarah Vi. Pada sesi kali ini, Sarah Vi diminta untuk menceritakan perjalanan hijrahnya untuk berhijab syar’i. Seperti kita ketahui, dulu Sarah Vi adalah seorang aktris yang sama sekali tidak mengenakan hijab. Namun hidayah datang melalui perantara adik dan anaknya, Aisyah, yang masih belia. Kini ia menikmati kehidupannya setelah berhijab walaupun sempat mengalami berbagai goncangan seperti ditinggalkan oleh teman-temannya sesama aktris.
Pada sesi kedua, hadir Yulia Rahman. Mantan istri seorang ilusionis, Demian, kini tampil lebih cantik dan anggun dengan hijabnya yang syar’i. Berbeda dengan pembicara lainnya, ia mengisi acara ini tanpa didampingi moderator. Ia berperan layaknya motivator yang membawakan presentasinya sendiri. Namun efeknya kepada para peserta bisa dirasakan, Yulia membawakan seluruh materi dengan sangat memukau dan membakar motivasi para peserta untuk senantiasa istiqomah dalam beribadah. Ia juga sedikit menyinggung tentang perjalanan hijrahnya sehingga ia berhijab syar’i seperti sekarang.
Nuri Maulida saat bercerita tentang perjalanan hijrahnya.

Sesuai temanya, acara ini memang khusus ditujukan bagi para muslimah untuk memberikan pemahaman mengenai selfie. Seperti kita ketahui bahwa akhir-akhir ini fenomena selfie telah menjamur dimana-mana khususnya kalangan remaja wanita. Melalui acara ini, Ustadz Felix Siauw menyampaikan dakwahnya bahwa dalam Islam seorang wanita haruslah menjaga dirinya, harga dirinya, dan jati dirinya sebagai seorang muslimah. Ustadz Felix mengatakan bahwa ketika seorang muslimah memajang foto pribadinya di sosial media, ia tidak akan pernah tahu akan diapakan foto itu dan oleh siapa. Maka dari itu alangkah baiknya bila kita menjaga diri, menghindari riya dan ujub salah satunya dengan tidak memajang foto pribadi yang mengundang syahwat di sosial media.
Ustadz Felix juga menambahkan bahwa sebaik-baiknya selfie adalah muhasabah diri, maksudnya adalah kita berintrospeksi sudah sejauh mana kita berjuang untuk agama Islam, amalan apa saja yang sudah kita punya untuk bekal di akhirat nanti, maka jangan lelah untuk bermuhasabah dan terus memperbaiki diri, itulah ciri muslimah sejati.
Ustadz Felix didampingi istri (Mbak Iin) ketika menyampaikan materi.

Sesi demi sesi berlangsung dengan lancar tanpa hambatan yang berarti. Pada pukul 12.00-13.00 WIB peserta diberi waktu istirahat untuk melaksanakan shalat Dzuhur dan diberi voucher makan siang. Acara ini berakhir pukul 16.00 WIB dengan launching produk terbaru dari Hijab Alila sebagai penutup.

Oleh : Rissa S Mulyana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar