Kamis, 18 Juni 2015

Analisis Film “Next World Future Life on Earth”



TUGAS SOFTSKILL
PENGANTAR KREATIVITAS DAN KEBERBAKATAN
Analisis Film “Next World Future Life on Earth”




Oleh :
1PA11
Kelompok 5
Athalia Phebe Hermanda
Rissa Septiani Mulyana
Rusma Desinta
Tiara Syifa Fadhillah
Vernanda Fajriati




JURUSAN PSIKOLOGI
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS GUNADARMA
Depok
2015

A.    Peringkat penemuan paling menarik
Dari film Next World Future Life on Earth, kelompok 5 memberi peringkat 3 penemuan paling menarik, sebagai berikut :
1.      Floating Cities
2.      Purifier
3.      Foot Power
B.     Alasan
1.      Floating cities
-          Banyaknya bencana banjir yang terjadi di berbagai belahan dunia sehingga masyarakat membutuhkan solusi berupa sebuah pemukiman bebas banjir. Floating cities dengan konstruksinya yang dirancang khusus agar dapat mengapung dan menopang beban berat bersifat fleksibel sehingga dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain.
2.      Purifier
-          Di masa yang akan datang, krisis air bersih bisa menjadi masalah utama yang dihadapi manusia. Oleh karen itu, purifier dapat menjadi solusi agar masyarakat dapat dengan mudah memurnikan kembali air sekalipun berasal dari air kotor.
3.      Foot power
-          Foot power akan menjadi solusi yang efektif bagi alternatif sumber energi karena hanya dengan memanfaatkan ribuan pijakan kaki manusia, mesin ini dapat mengubah energi kinetik menjadi energi listrik. Biaya produksi untuk menghasilkan energi listrik dapat diperkecil dibandingkan dengan pembangkit listrik lainnya, misal PLTU, PLTA, PLTN, dsb.
C.    Penerapan di Indonesia
Ketiga penemuan tersebut (floating cities, purifier, dan foot power) dapat diterapkan di Indonesia.
D.    Sumber daya pendukung
Sumber daya pendukung bagi terlaksanannya penerapan masing-masing produk tersebut adalah :
1.      Floating cities
-          Sumber daya alam berupa sungai, selat, maupun laut, dengan kedalaman tertentu.
-          Sumber daya manusia terutama para arsitek.
-          Peralatan konstruksi bangunan.
-          Penjelasan : Negara Indonesia yang merupakan negara kepulauan dimana banyak penduduk yang tinggal, hidup, bahkan mncari nafkah di sekitar perairan, namun isu kurangnya lahan dan  banjir seringkali membuat resah masyarakat, floating cities akan cocok bagi penduduk indonesia utuk mengatasi hal tersebut. Floating cities akan sangat membantu dalam mengatasi hal tersebut dan meminimalisir akibat kerugian yang ditimbulkan. Dengan kemampuan para arsitek di Indonesia dan peralatan konstruksi bangunan yang berkualitas dapat mendukung terlaksananya pembangunan floating cities di Indonesia, terlebih lagi Indonesia sudah mempunyai contoh dari adanya pasar terapung, restoran terapung, dsb.
2.      Purifier
-          Sumber daya alam : sungai, waduk, teluk, dsb.
-          Sumber daya manusia : masyarakat Indonesia yang melek teknologi.
-          Penjelasan : Manusia yang semakin banyak menuntut sumber daya alam yang banyak juga. Apalagi air bersih dimana sumber daya alam utama dan pokok dibutuhkan manusia. Indonesia merupakan negeri dengan banyak sumber air seperti sungai, waduk, laut, dsb. Purifier akan membantu dalam memaksimalkan sumber daya yang ada dan membantu menjangkau seluruh wilayah dan pelosok dalam penerimaan air bersih, serta membantu masyarakat saat keadaan kritis, meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan menopang kehidupan masyarakat ke depan.
-           
3.      Foot power
-          Sumber daya pendukung berupa tempat-tempat dengan mobilitas tinggi. Di Indonesia, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dsb, banyak terdapat pusat perbelanjaan dengan intensitas pengunjung yang tinggi setiap harinya. Misal : ITC Mangga Dua, Tanah Abang, Trans Studio Bandung, dll.
-          Sumber daya manusia yakni masyarakat pengunjung tempat-tempat terebut, dan para engineer yang mengelola sistem foot power.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar